Jangan cuma kuliah

Photo by fauxels on Pexels.com

Memiliki kesempatan bisa pergi kuliah di perguruan tinggi merupakan sebuah keberuntungan tersendiri, karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama.

Masa kuliah merupakan waktu yang sangat berharga untuk menentukan masa depan. Oleh karena itu, waktu kuliah perlu digunakan untuk memaksimalkan potensi diri. Hampir empat tahun kuliah merupakan waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia nyata.

Saat kuliah jangan hanya fokus belajar melatih kemampuan teknis dan mengejar nilai tinggi. Di kehidupan nyata, nilai tinggi bukan merupakan faktor utama penentu keberhasilan. Bahkan, nilai tinggi merupakan faktor ke-sekian dalam memperoleh keberhasilan.

Faktor yang sangat menentukan justru adalah soft skill yang diperlukan dalam lingkungan kerja dan kehidupan nyata, seperti kemampuan berkomunikasi, kerjasama, pemecahan masalah, berpikir kritis, pengambilan keputusan, keorganisasian dan soft skill lainnya. Soft skill tersebut tidak akan sepenuhnya terlatih dengan hanya berkuliah dan menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang).

Berikut adalah sebagian aktivitas yang penting dilakukan selama berkuliah untuk memaksimalkan potensi diri dan melatih soft skill sebagai bekal untuk menghadapi dunia nyata.

Mengikuti Organisasi

Kehidupan organisasi di kampus merupakan sebuah wadah yang sangat tepat untuk mengembangkan soft skill. Organisasi merupakan kumpulan banyak orang dengan berbagai latar belakang dan pola pikir. Kehidupan organisasi merupakan laboratorium kongkrit bagaimana kehidupan nyata bermasyarakat terjadi.

Banyak sekali pilihan organisasi yang dapat diikuti di dalam kampus mulai dari olahraga, seni, politik atau keagamaan.  

Organisasi mahasiswa selama kuliah juga dapat dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan idealisme. Sejarah mencatat perubahan besar terjadi karena adanya idealisme organisasi mahasiswa. Hidup Mahasiwa!

Bahkan, akan lebih baik lagi jika tergabung dengan organisasi di luar kampus, seperti organisasi nirlaba dan swadaya masyarakat. Tapi berhati-hatilah memilih organisasi, salah-salah masuk organisasi yang salah (terlarang). Fyi, organisasi terlarang marak melakukan perekrutan di kampus.

Kerja atau Bisnis

Bekerja atau membangun bisnis merupakan kegiatan yang dapat mahasiswa lakukan saat kuliah. Aktivitas ini sangat penting untuk melatih mahasiswa mengetahui realitas dan siap menjadi manusia dewasa.

Kehidupan manusia dewasa tidak se-mudah dan se-indah kelihatannya. Dengan bekerja atau bisnis, mahasiswa dapat mengapresiasi nilai dari sebuah usaha dan perjuangan dalam hidup.

Keterampilan teknis lainnya

Pada kenyataannya dalam kehidupan bekerja atau bisnis, diperlukan keterampilan teknis lain yang bukan bidang keahlian saat kuliah. Beberapa keterampilan teknis yang saat ini sangat diperlukan dalam kehidupan nyata adalah kemampuan berkendara, bahasa asing, dan teknologi terkini.

Terakhir, selain fokus mengejar nilai yang tinggi dan menambah keterampilan. Yang paling utama saat kuliah adalah menikmati prosesnya dengan mengaja keseimbangan belajar dan kehidupan (study-life balance). Karena menjadi produktif memaksimalkan potensi diri tapi tidak menikmati prosesnya adalah sebuah kesalahan besar saat kuliah. You know what I mean!

Leave a comment

Blog at WordPress.com.